Mungkin Anda adalah salah satu orang dari 200 juta pengguna Facebook di dunia. Wuah angka yang sangat fantastis bukan? Dan memang benar begitu adanya bahwa website tersebut sudah memiliki pengguna aktif sebegitu besarnya di seluruh penjuru dunia, kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg pada blog resmi perusahaan.
“Kami akan menyambut hangat keberadaan dari 200 juta pengguna Facebook”, seperti yang telah ditulis Zuckerberg, yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-25. “Berkembang pesat mencapai 200 juta pengguna merupakan benar-benar awal yang baik, namun kami pun mengetahui bahwa pesanan ke facebook bertujuan untuk membantu orang yang memang membutuhkan pertolongan di seluruh dunia, setiap orang perlu menyampaikan suara hatinya”.
Memperingati acara tersebut, Facebook meluncurkan sebuah halaman yang disebut “Facebook for Good”, sebuah halaman bagi para anggota untuk berbagi cerita dan pengalaman mengenai site sosial yang membantu mereka yang membutuhkan.
Hal ini juga telah menjalin kerja sama bersama 16 badan amal dan kelompok pengacara yang telah menciptakan virtual “gifts” yang para anggota bisa membelikannya untuk profile orang lain. Selanjutnya hasil penjualan tersebut akan diberikan ke yayasan amal. Zuckerberg menuliskan bahwa sisanya akan ditujukan untuk biaya administrasi, dan bukan untuk facebook.
Organisasi partner meliputi beberapa nama yang sudah lama menggeluti yayasan amal seperti Yayasan Palang Merah Amerika dan Asosiasi Jantung Amerika, yang sama bagusnya sebagai industri teknologi terbaru terkenal seperti micro-loan startup Kiva, shoe retailer Toms, dn clean water group Charity Water.
Kampanye tersebut juga mengusung platform virtual gift Facebook dan sistem kredit kembali yang menjadi sorotan pada suatu ketika nanti, setelah banyak antisipasi, pada akhirnya perusahaan memulai membuat beberapa gerakan pada micropayment space.
Setahun yang lalu, di Festival Interaktif Barat daya, Zuckerberg telah mengatakan tentang berbagai rencana Facebook. Responnya adalah bahwa perusahaan belum pada tujuan tersebut.
“Saya pikir tujuan ini, karena kami tidak dapat keuntungan yang banyak, kami bukan pada sisi dari perusahaan, yang mengharapkan memperoleh sesuatu disana. Hal tersebut benar-benar bukan sesuatu yang kami bisa berbuat banyak”, seperti yang dia katakan pada bulan maret yang lalu. “Tetapi saya berpikir bahwa perusahaan hanya mencoba melakukan yang umum dilakukan saja, hanya membantu orang berkomunikasi, nyatanya membuat dunia lebih baik lagi.”
Setahun kemudian, pendapatan Facebook pun meningkat, melainkan tidak sebanyak kritikan yang disampaikan mereka. Jenis pertumbuhan ini tidaklah murah, dan dengan pengguna yang berjumlah 200 juta, Facebook akan memiliki cukup banyak pekerjaan untuk melakukan sisi bisnisnya, yang tidak hanya merasa baik, tapi mampu merubah dunia juga.

Posting Komentar
Terima kasih atas komentar anda !